Jumat, 26 Januari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2018


Apa yang menjadi landasan pendidikan orang Tiongkok jaman dulu? Belajar jadi insan suci dan bijak, insan mulia, belajar menjadi orang baik. Sekarang pendidikan ini sudah tidak ada lagi. Tidak ada lagi pendidikan etika moral, yang ada hanyalah mengejar ketenaran dan keuntungan. Selama ada ketenaran yang keuntungan yang bisa diperoleh maka semua orang bisa bersatu padu, setelah ketenaran dan keuntungan sirna maka segera bercerai-berai.

Maka itu “Dalam membangun negara dan mempersatukan rakyat, pendidikan harus diutamakan”, merupakan nasehat yang sungguh berharga, merupakan fakta. Semuanya terletak pada pendidikan etika moral, asalkan bidang pendidikan ditangani dengan baik, maka seluruhnya akan mematuhi peraturan dengan benar.

Saya telah memikirkannya selama sekian tahun, mencari jalan keluar serupa dengan konsep pemikiran Upasaka Li Bing-nan, yakni Kelas Privat Budaya Warisan Leluhur. Di dalam kelas tersebut, para siswa dapat mempelajari bidang studi yang diinginkannya. Saya tidak menginginkan ijazah, yang penting adalah belajar jadi orang baik, menjadi insan suci dan bijak, menjadi insan mulia, ini sangat ideal.

Kelak kita akan memulainya dari Ajaran Buddha, menerapkan Ajaran Buddha ke dalam pendidikan insan suci dan bijak. Dengan cara apa kita mengajar? Dengan Kelas Privat. Ada tingkatan dasar, menengah dan atas. Tingkatan dasar 6 tahun, tingkatan menengah juga 6 tahun, belajar “Empat Buku dan Lima Klasik ajaran Konfusius”, setelah naik ke tingkatan menengah, siswa sudah harus sanggup menghafal di luar kepala, bila dimulai dari sekolah dasar maka ini tidaklah sulit.

Jaman dulu, siswa usia 15 tahun sudah mampu menghafal “Empat Buku dan Lima Klasik ajaran Konfusius”, sepanjang hayatnya dia takkan melupakannya. Tingkatan atas setara dengan universitas, setiap tingkatan adalah 6 tahun, tingkatan dasar 6 tahun, tingkatan menengah 6 tahun, tingkatan atas juga 6 tahun, tingkatan atas setara dengan universitas, materi belajarnya adalah “Qunshu Zhiyao”.

Apa isi dari “Qunshu Zhiyao”? Yakni membina diri, membangun keluarga, menata pemerintahan, mendamaikan dunia, empat hal ini. Setelah belajar harus tahu menerapkannya dalam kehidupan keseharian, ini sangat penting, bagaimana membantu kita dalam membina diri, membantu kita menjadi insan suci dan bijak.

Diterapkan dalam keluarga, keluarga jadi harmonis, keluarga harmonis segala hal jadi berjaya; diterapkan dalam tata pemerintahan, segala peraturan dipatuhi dan dijalani; digunakan di dunia, dunia jadi damai sejahtera, dunia yang dimaksud di sini yang kita sebut sebagai Utopia. Dipersempit sedikit adalah hubungan internasional, kemakmuran internasional, harus adil dan merata, inilah Utopia, tercantum di dalam buku “Qunshu Zhiyao”.

Ilmu budaya Tiongkok bersifat esensial, jumlahnya sedikit namun sanggup bertahan hingga beribu-ribu tahun lamanya, tetap tak berubah, ini adalah fakta. Ini bukan pelajaran kuno yang tidak dapat mengikuti perkembangan jaman, namun selamanya eksis dalam perjalanan waktu, dunia aman sejahtera, rakyat menikmati kemakmuran. Andaikata hal ini lenyap dari peredaran, maka dunia pun diliputi kekacauan, rakyat hidup menderita.

Uraian Empat Buku dan Lima Klasik ajaran Konfusius :
http://komcit.blogspot.co.id/2018/01/empat-buku-dan-lima-klasik.html

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2018
Judul : Konsep Kelas Privat Budaya Warisan Leluhur
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0008


中國古人教育學什麼?學聖賢、君子,學做一個好人。現在這個教育沒有了。沒有教育,就完全是名利,有名有利的時候大家團結在一起,名利沒有,馬上就散掉了。所以,「建國君民,教學為先」這句話是金玉良言,是真理。統統在教育,只要教育辦好了,所有都上軌道了。所以我想了這麼多年,想到一個方法,李炳南老居士的辦法,辦什麼?補習班。學生想學什麼就真能學到什麼,我也不要文憑,學做好人,學做聖賢君子。這高明。

所以我們將來首先從佛教開始,佛教落實到教育,落實到聖賢教育。用什麼方式來教學?用補習班。等級可以開三個班,初級、中級、高級。初級就是小學,六年。中學也是六年,學四書五經,中學。四書五經要會背,從小學不難。四書五經能夠背誦的,在古時候大概十五歲就完成了,這他一輩子不會忘記。高級班等於大學。每個等級六年,初級六年,中級六年,高級也六年,高級就是大學,學《群書治要》。

《群書治要》裡面內容是什麼?修身、齊家、治國、平天下,這四樣東西。學以致用,學了之後我們要能用上,跟我們的生活融成一片,這個很重要,怎樣幫助我修身,幫助我成為一個聖賢君子,《群書治要》。用在家庭,家庭和睦,家和萬事興;用在國家,一切制度都是上軌道;用在天下,天下太平,這個天下就是我們今天講的大同世界。縮小一點講,就是國際關係,國際共同的福利,要公平,就大同世界。都在《群書治要》這部書裡頭。

中國東西最精簡,簡單、精華,東西很少,用幾千年不變,這是真理。這個不是跟不上時代,永遠站在時代的前面。它能站在時代前面,天下太平,人民享福。它要是倒下去了,世界就亂了,人民就苦了。

文摘恭錄 台南極樂寺餐後開示——傳統補習班的構想  (第八集)  2018/1/11  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0008

 



 

Tujuan dari belajar Ajaran Buddha ada dua yakni yang pertama untuk memberi manfaat bagi diri sendiri, yang kedua adalah untuk memberi manfaat bagi semua makhluk. Manfaat bagi diri sendiri adalah terlahir ke Alam Sukhavati. Bila berniat terlahir ke Alam Sukhavati maka segala kemelekatan yang ada di dunia ini harus dilepaskan; kalau tidak serius berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka dia tidak sanggup melepaskan kemelekatan, mustahil dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Serupa dengan perkataan Mr.Fang Dong-mei bahwa belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi, yakni yang telah saya peroleh, sepanjang hidupku saya tidak mengurusi orang lain, tidak mengurusi uang, tidak mengurusi urusan, ini adalah menikmati hidup, pahala terbesar, betapa bebasnya hidupmu, betapa bahagianya hidupmu!

Sepanjang hidup tidak membenci orang lain, juga tidak mendambakan dunia ini, dalam segala hal berlaku adil dan universal, asalkan hari-hari bisa dilalui, maka ini sudah cukup. Takkan mengurusi tiga hal di atas, kalau mengurusi ketiga hal tersebut, maka selalu ingin memperoleh dan takut kehilangan, menguras habis energi dan semangat, maka itu lebih baik menyingkirkannya, barulah memperoleh kebebasan besar.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2018
Judul : Konsep Kelas Privat Budaya Warisan Leluhur
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0008


學佛是兩樁事情,第一個為自己,第二個為眾生。為自己,決定往生淨土。真正想往生淨土,這個世界東西就放下了;不是真想生淨土,他放不下,他也去不了,想去也去不了。真正求生淨土,萬緣放下。要告訴世界,方東美先生說的,學佛是人生最高的享受。最高的享受是什麼?我的心得,我得到的,一生不管人、不管錢、不管事,這是享福,最大的福報,你多自在,你多快樂!一生,於人沒有怨恨,於事沒有貪愛,大公無私,於財,生活能過去,夠了。不想搞這個東西,搞這個東西,患得患失,精神付出太大,統統丟掉,得大自在。

文摘恭錄 台南極樂寺餐後開示——傳統補習班的構想  (第八集)  2018/1/11  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0008