Selasa, 06 Februari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Januari 2018


Ajaran Buddha merupakan pendidikan, lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mempelajari Ajaran Buddha? Umumnya praktisi tidak memahami dari mana harus memulainya, juga tidak tahu urutan materi belajarnya, yang mana dulu yang harus dipelajari dan seterusnya, oleh karena alasan inilah Vihara “Hwa Dzan Pure Land Learning Society” (yang beralamat di Taipei, Taiwan) menyelenggarakan siaran pendidikan berbasis internet yang dapat diakses di www.amtbcollege.org.

Selain memuat materi belajar berupa artikel-artikel ceramah, juga dipadukan dengan video-video ceramah, serupa dengan siaran televisi internet. Dengan menggunakan kemajuan teknologi untuk menyebarluaskan Buddha Dharma, memberikan kemudahan bagi praktisi di seluruh pelosok dunia, siaran langsung, menyediakan lingkungan belajar tanpa dibatasi oleh ruang.

Sampai sekarang jumlah peserta belajar yang telah mendaftar di website ini mencapai 40 ribu sekian orang, diantaranya yang mendaftar program belajar selama 9 tahun, sampai tamat kuliah, telah mencapai di atas seratus orang.

Belajar Buddha Dharma, yang penting adalah teori dan pengamalan harus sejalan. Praktisi jaman dulu berkata : “Teori tanpa pengamalan, menambah pandangan sesat; pengamalan tanpa pemahaman teori, menambah ketidaktahuan”, ini menjelaskan bahwa teori dan pengamalan tidak boleh pincang.  

Belajar ajaran sutra adalah pemahaman teori, setelah memahaminya mesti diamalkan, menerapkan apa yang dipelajari ke dalam kehidupan keseharian, barulah bisa memperoleh manfaat sesungguhnya dari Buddha Dharma.

Ketika kami mendirikan Pure Land Learning di Amerika, mengemukakan “Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati”, yakni Tiga Berkah Karma Suci, Enam Prinsip Keharmonisan Sangha, Tiga Pelatihan, Enam Paramita, Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra. Lima Mata Pelajaran ini mesti diamalkan. Dalam keseharian kita berinteraksi dengan orang lain, hendaknya tidak melanggar Lima Mata Pelajaran ini, barulah disebut sebagai praktisi sejati.

Peserta yang telah mendaftar di website www.amtbcollege.org, selain belajar secara bertahap, menyerahkan laporan belajar, juga mengikuti kebaktian pagi dan sore, kebaktian pelafalan Amituofo, membaca sutra dan kelas Dharma, semua kegiatan bersama ini dilakukan secara online.

Dengan teori dan pengamalan yang sejalan, melestarikan ajaran suci, melanjutkan misi menyebarluaskan pendidikan Ajaran Buddha, sungguh merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga!  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Januari 2018
Judul : Teori dan Pengamalan Sejalan, Membangkitkan Keyakinan dan Tekad Melafal Amituofo
Melalui siaran internet : http://www.amtbcollege.org/amtbcollege/index.asp
Kode Artikel : 32-267-0001


佛教是佛陀的教育,然而,如何才能正確的學習佛教?針對各地同修們雖有心學佛,卻不知從何學起,又不知修學的次第,什麼先學、什麼後學這些問題,華藏淨宗學會特別開設了「佛陀教育網路學院」,將現有網路的文字教材與影音講演合為一體,加上衛星與網路結合,如同網路電視台。善用高科技宣揚妙法,闡釋正教,為世界各地真正有志於學佛者提供一個方便、快捷,不受時空限制的網路修學環境。目前註冊的學員已達到四萬多人,其中學習九年、完成結業的已達上百人。

修學佛法,最重要的是解行並進。古德說:「有解無行,增長邪見;有行無解,增長無明」,說明解行二門不可偏廢。研究經教是解門,解了之後必須修行,將所學的內容應用於日常生活當中,才能得到佛法真實受用。修行就是經教的落實。當年我們在美國成立淨宗學會時,提出淨宗學人,行門五科,這五科是三福、六和、三學、六度、普賢十願。這五科要切實遵守、認真做到。我們起心動念、處事待人接物,念念都不違背這五科的教誨,這叫真學佛人。「佛陀教育網路學院」註冊的學員,除了在網上依照次第聽課、提交修學報告之外,還在網上一起做早晚課,念佛、誦經,還有讀書會共修。以此解行並進的修學承傳聖教,延續佛陀教育的慧命,這是功德無量的一樁大事!

文摘恭錄 解行並進  信願念佛——佛陀教育網路學院歲末談話  (共一集)  2018/1/31  佛陀教育網路學院  檔名:32-267-0001