Kamis, 11 Januari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2018 (Bgn 1)


Waktu berlalu dengan sangat cepat, tahun 2017 telah berlalu, sekarang adalah tahun 2018. Tahun silam saya lebih banyak berada di Eropa, juga menghadiri Konferensi Perdamaian Internasional yang diselenggarakan di markas besar UNESCO, Paris, Perancis.

Kali ini kunjungan kami ke Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih istimewa, oleh karena tahun 2017 PBB mendirikan sebuah kantor khusus buat saya. Hal ini bermula ketika bulan Maret 2017, duta besar untuk UNESCO dari 9 negara, berkunjung ke  Toowoomba, Australia, untuk mempelajari pencapaian kami selama 17 tahun membangun keharmonisan antar umat beragama setempat. Para duta besar ini menyaksikan secara langsung keharmonisan antar umat beragama dan kerukunan antar etnis di Toowoomba, merasa begitu bersukacita!

Maka itu mereka meminta kepada markas besar UNESCO sebuah kantor buat “Asosiasi Sahabat Master Chin Kung (Association of Master Chin Kung's Friends)”, agar kami dapat membawa buah pemikiran dan pengalaman dalam membangun keharmonisan antar umat beragama dan kerukunan antar etnis, sampai ke Perserikatan Bangsa-Bangsa, membantu mereka dalam menyelesaikan konflik dunia, mewujudkan perdamaian dunia.

Sesungguhnya, kami dapat membangun keharmonisan antar umat beragama di Australia, adalah mengandalkan kebijaksanaan dalam Ajaran Buddha; apabila tidak mengandalkan Ajaran Buddha, terhadap berbagai pertanyaan yang rumit, maka sulit untuk menemukan solusinya.

Isi sutra Ajaran Buddha, sungguh merupakan sebuah ensiklopedia universal yang mengandung kebijaksanaan sejati! Di dalam ajaran sutra, segala permasalahan akan memperoleh solusi nan sempurna.             

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong Kong
Kode Artikel : 32-259-0001


時間過得很快,二O一七年過去了,現在是二O一八。去年,我待在歐洲的時間比較長一些,也到法國巴黎聯合國教科文組織總部參加國際和平會議。這一次我們到聯合國比較特別,因為今年聯合國專門為我設立了一個辦公室。這件事主要的起因,是今年三月份,九個國家駐教科文組織的大使,到澳洲圖文巴市參訪,考察我們在當地推動宗教團結十七年的成果。這些大使親眼見到圖文巴市的宗教團結以及族群團結,非常感動、非常歡喜!於是他們發心,要為我們在聯合國教科文組織總部申請一個「淨空之友社」辦公室;希望我們能夠把團結宗教、團結族群的理念與經驗,帶到聯合國,幫助他們化解世界上的衝突對立、促進世界和平。其實,我們在澳洲能夠取得這些宗教團結的成果,完全是依靠佛陀教育的智慧;如果沒有佛教作為依靠,我們對於種種複雜的問題,就很難找到下手之處。佛教經典的內容,真的是一部真實智慧的百科全書!在這些經典之中,所有問題都能夠得到圓滿的解決。

文摘恭錄 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示  (共一集)  2018/1/6  香港沙田鄉議局大樓  檔名:32-259-0001




 

Saat usia 26 tahun saya bersua dengan Mr.Fang Dong-mei, beliau adalah seorang ahli filsafat. Jalinan jodohku dengan guru sangat istimewa, waktu itu beliau membuka kelas khusus buat diriku dengan judul “Garis Besar Ilmu Filsafat“ yang diadakan di ruang tamu kecil di rumahnya, satu guru mengajari satu murid saja.   

Dalam perkembangannya ketika sampai pada bagian filosofi sutra Buddha, beliau mengucapkan tiga kalimat padaku, sepanjang hidupku takkan melupakannya. Beliau berkata : “Buddha Sakyamuni merupakan ahli filsafat yang paling mulia di dunia ini. Filosofi sutra Buddha merupakan filosofi tertinggi di seluruh dunia. Belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi”.  

Tiga kalimat ucapan guru ini, mengantarku memasuki Pintu Buddha. Sebelumnya, terhadap ajaran agama, kami tidak menaruh minat sama sekali. Sejak usia kecil hingga dewasa, menganggap agama sebagai kepercayaan takhayul, terutama Ajaran Buddha, kami menganggapnya sebagai Politeisme (percaya pada banyak Dewa). Ketika masih muda, kami melihat umat Buddha menyembahyangi apa saja, maka itu kami tidak berminat sama sekali untuk mengenal ajaran ini.

Guru Fang memberitahuku Ajaran Buddha yang sesungguhnya adalah sesuai dengan yang tercantum di dalam sutra Buddha, dengan perkataan lain, seperti yang tercatat di dalam Tripitaka. Setelah saya memahami hal ini, barulah mulai ke vihara menyalin isi sutra, lalu membawanya pulang untuk dibaca. Mengapa demikian? Oleh karena guru mengatakan, belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi, kalimat ini memiliki daya pikat luar biasa!     

Kemudian, saya bersua dengan Master Zhang Jia, memperkokoh landasan belajarku tentang Ajaran Buddha; kemudian bersua dengan Upasaka Li Bing-nan, mengajariku belajar ajaran sutra. Tiga orang guru ini telah menyempurnakan karir belajarku, kurang satupun tidak boleh.

Tahun ini saya berusia 92 tahun, belajar Ajaran Buddha sudah 66 tahun lamanya, memberi ceramah sudah 59 tahun lamanya. Usia 33 tahun saya meninggalkan keduniawian, begitu menjadi Bhiksu saya langsung memberi ceramah, sepanjang hidup tidak pernah terputus.

Kembali mengenang sepanjang hayatku, kami berterimakasih pada guru, oleh karena saya telah menemukan kenikmatan hidup tertinggi. Apa bentuk kenikmatan tersebut? Di dunia ini tiada kekhawatiran, tiada kecemasan, tak peduli apapun yang dikerjakan, juga mengandalkan kebijaksanaan Buddha, segalanya terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Yang penting adalah setelah melewati tahapan belajar ajaran sutra secara berkesinambungan, perlahan kami memahami fakta dari alam semesta dan kehidupan manusia, mengetahui dari mana asal mula kehidupan, lalu akan menuju ke mana. Ini merupakan persoalan pokok dalam kehidupan manusia, yang juga merupakan persoalan yang mesti dihadapi oleh setiap insani.                  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong Kong
Kode Artikel : 32-259-0001


我是二十六歲的時候遇到了方東美老師,方老師是一位著名的哲學家、教授。我跟老師的緣分非常特殊,他當時特別為我開了一門「哲學概論」。這門課是在他家的小客廳裡,一對一的教學。老師在這門課的末後,講到佛經哲學時,對我說了三句話,我一生都不會忘記。他說:「釋迦牟尼是世界上最偉大的哲學家。佛經哲學是全世界哲學的最高峰。學佛是人生最高的享受。」老師的這三句話,把我帶進了佛門。在這之前,我們對於宗教,確實是一點興趣也沒有。從小到大,總認為宗教都是迷信,尤其是佛教,我們認為是多神教、是低級宗教;因為高級宗教只有一個真神,我們年輕時看到佛教什麼都拜,所以就認為它應該是屬於低級宗教,完全沒想要去認識它。方老師當時告訴我,真正的佛教,是在佛教的經典裡面,換句話說,是保存在佛教的《大藏經》裡面。我當時了解到這件事情以後,就開始去寺院抄寫佛經,帶回家閱讀。為什麼?因為老師說了,學佛是人生最高的享受,這句話太有吸引力了!後來,我又遇到章嘉大師,奠定了我學佛的基礎;遇到了李炳南老師,教導我學習經教。這三位老師成就了我,缺一位都不行。我今年九十二歲了,學佛六十六年,講經教學五十九年。我三十三歲出家,一出家就開始講經,一生沒有中斷過。回顧這一生,我們感恩老師,因為我確實體會到人生最高的享受。享受什麼?在這個世間,沒有憂慮、沒有牽掛,無論做什麼事情,都有佛陀的智慧作為依靠,真的是心想事成。在這當中,最重要的是,通過不斷的學習經典,我們逐漸明白了宇宙人生的真相,知道生命是從哪裡來,又會到哪裡去。這是人生最重要的課題,是每個人都必須要面對的課題。

文摘恭錄 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示  (共一集)  2018/1/6  香港沙田鄉議局大樓  檔名:32-259-0001

 

 
 
Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia, umumnya menggunakan metode tanya jawab; bermula dari pertanyaan yang diajukan siswaNya, lalu Sang Buddha akan menjawabnya, sehingga jarang ada keadaan dimana Buddha yang membabarkan sendiri tanpa ditanya. Lagi pula, Sang Buddha juga jarang mengulangi membabarkan satu judul sutra yang sama. Lantas apakah kebiasaan ini ada pengecualiannya? Ada, yaitu Buddha Sakyamuni memperkenalkan pada kita tentang Alam Sukhavati.

Buddha Sakyamuni membabarkan “Amitabha Sutra”, tanpa ada siswa yang bertanya padaNya; selain itu masih ada “Sutra Usia Tanpa Batas”, ini merupakan satu-satunya sutra yang dibabarkan secara berulang kali oleh Buddha Sakyamuni sepanjang hayatNya, jelas menunjukkan betapa pentingnya sutra ini bagi para makhluk, yang juga mencerminkan hati Karuna (belas kasih universal) Sang Buddha dalam menyelamatkan semua makhluk.

“Amitabha Sutra” dan “Sutra Usia Tanpa Batas” memperkenalkan pada kita tentang Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha, mengajari cara bagaimana supaya kita dapat terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha. Kedua macam sutra ini sesungguhnya boleh dikatakan sebagai satu jenis sutra. Tetapi isi “Sutra Usia Tanpa Batas” lebih panjang, lebih terperinci, menjelaskan pada kita tentang tekad Buddha Amitabha, asal usul Buddha Amitabha mewujudkan Alam Sukhavati, mencakup keindahan lingkungan Alam Sukhavati setelah terbentuk, dan semua makhluk juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, dalam satu kehidupan mencapai KeBuddhaan.

Sutra ini merupakan intisari dari keseluruhan isi Tripitaka, bersamaan itu pula juga merupakan tujuan akhir dari Tripitaka. Ke mana tujuan akhir yang dimaksud tersebut? Yakni seperti yang dikatakan oleh Guru Fang Dong-mei, yakni kenikmatan hidup tertinggi (Tanah Suci Sukhavati).            

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong Kong
Kode Artikel : 32-259-0001


佛陀當年在世講經教學的時候,通常是採用一問一答的方式;由學生提出問題,然後佛陀再為他們解答,比較少有佛陀不問自說的情形。並且,佛陀講經,一般是不會重複的宣講同一部經典。這些講經的慣例,有沒有例外的情形?有,就是佛陀為我們介紹極樂世界的時候。佛陀當年在世,講《阿彌陀經》,那是無問自說;另外一個,是佛陀為我們講《無量壽經》,這部經典是釋迦牟尼佛一生唯一多次宣說的經典;這顯示出這部經對眾生特別的重要,也顯示出佛陀救度眾生的悲心。《阿彌陀經》與《無量壽經》都是在介紹極樂世界、介紹阿彌陀佛,教導我們如何去到那個世界,親近阿彌陀佛。這兩部經典,其實可以說是同一部經。但是《無量壽經》的篇幅比較大,講得詳細,它把阿彌陀佛的願望、把阿彌陀佛建造極樂世界的歷史,包括極樂世界成就以後的依正莊嚴,以及一切眾生能夠往生極樂、一生成佛的方法,全部都為我們做了詳細的介紹。這部經典,其實就是整部《大藏經》的濃縮,同時它也是整部《大藏經》的歸宿。它歸結到哪裡?就是歸結到當年方老師對我們所講的那一句話,人生最高的享受。

文摘恭錄 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示  (共一集)  2018/1/6  香港沙田鄉議局大樓  檔名:32-259-0001



 

Hari ini kita hidup di dunia ini, dapat merasakan dunia ini dipenuhi kesengsaraan yang tak berujung! Sutra Buddha menyebutkan bahwa para makhluk yang hidup pada era sekarang ini adalah sedang “meneguk sengsara dan menyantap racun”. Setengah abad yang silam ketika kami membaca kalimat ini, masih meragukan apakah Buddha Sakyamuni terlalu membesar-besarkannya? Sekarang kami baru menyadarinya, apa yang diucapkan Sang Buddha adalah fakta.

Planet Bumi yang kita huni sekarang ini, permukaan tanahnya telah mengandung racun, demikian pula udaranya juga sudah tercemar, air dan makanan, seluruhnya juga telah mengandung racun. Tak peduli anda adalah hartawan atau pengemis, juga tak terlepas dari polusi ini, sungguh merupakan penderitaan!    

Buddha Sakyamuni memberitahukan pada kita, sesungguhnya, asal mula kesengsaraan kita adalah berasal dari kekotoran batin (klesa); kekotoran batin ini mencakup kemelekatan, hati yang membeda-bedakan dan niat pikiran yang halus.

Sutra Buddha memberitahukan pada kita, kemelekatan akan memunculkan pemandangan enam alam tumimbal lahir. Yang juga bermakna bahwa asalkan memiliki kekotoran batin ini, maka kita tak terpisahkan dari siksaan enam alam tumimbal lahir.

Sedangkan hati yang membeda-bedakan, kekotoran batin ini lebih halus daripada kemelekatan, meskipun klesa ini takkan memunculkan enam alam tumimbal lahir, tetapi dapat menghalangi kebijaksanaan dan kemampuan yang sejak semula ada di dalam diri sejati kita, ini juga merupakan penderitaan.

Yang terakhir, niat pikiran yang muncul, juga merupakan yang paling halus, inilah yang disebut dalam sutra Buddha sebagai “kegelapan batin atau ketidaktahuan (Avidya)”.

Avidya dapat merintangi diri kita, sehingga kita tidak memiliki kebijaksanaan dan kemampuan diri kita yang sejati, untuk membantu diri sendiri dan para makhluk yang berjodoh dengan diri kita, ini juga merupakan penderitaan.

Buddha Sakyamuni (Pertapa Gautama) ketika berada di bawah Pohon Bodhi, berhasil melenyapkan ketiga jenis kekotoran batin ini hingga tuntas. Setelah itu Beliau mencapai KeBuddhaan, menemukan kembali diri sendiri yang sesungguhnya atau yang sejati, menemukan kembali kebijaksanaan, pahala dan kemampuan sempurna yang sejak semula sudah ada pada diri sendiri, selamanya terbebas dari samsara, memperoleh Dharmakaya yang merupakan satu kesatuan dengan seluruh makhluk dan alam semesta.          
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong Kong
Kode Artikel : 32-259-0001


我們生活在今天這個世界,能感受到這個世界確實充滿了無量的苦難!佛經裡面說,這個時代的眾生,是在「飲苦食毒」。半個世紀前我們讀到這句話,還覺得佛陀是不是講得太過分了?現在我們才體會到,佛講的是真的。現在的地球,土壤有毒、空氣有毒、水和食物統統都有毒。無論你是富貴或是貧賤,都逃避不了這些污染,這是真苦啊!佛告訴我們,其實,我們苦難的根本原因,是來自於我們內心的煩惱;這種煩惱包括執著的煩惱、分別的煩惱以及我們微細的起心動念。佛經告訴我們,執著的心念,會變現出六道輪迴的境界。也就是說,只要有這個煩惱,我們就離不開充滿生死苦難的六道時空。分別的煩惱,比執著的煩惱更微細,它雖然不會變現出六道輪迴,但是它還是障礙了我們自己本有的智慧與能力,這也是苦。最後,起心動念是最微細的,這就是佛經所說的「無明煩惱」。這種煩惱會障礙我們,讓我們沒有徹底的智慧與能力,去幫助與自己有緣的一切眾生,這也是一種苦。佛陀當年在菩提樹下,把這三種煩惱都徹底放下。放下以後,他就成佛了,就是回歸到自己真正的本來面目,恢復了自己本有的圓滿智慧、福報以及能力,永遠脫離生死,徹底證得跟一切眾生、跟整個宇宙一體的法身。

文摘恭錄 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示  (共一集)  2018/1/6  香港沙田鄉議局大樓  檔名:32-259-0001