Selasa, 30 Januari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2018 (Bgn 3)


Mata pelajaran ke-4 adalah “Enam Paramita”, siapa yang hendak diseberangkan? Yakni menyeberangkan diri sendiri, harus melatih diri dengan serius.

Butir pertama adalah Dana Paramita, melatih berdana, berdana untuk menyingkirkan keserakahan. Dana terbagi atas Amisa Dana (dana materi), Dharma Dana dan Abhaya Dana. Mesti mengamalkannya dengan kemampuan maksimal, pasti ada balasannya. Master Zhang Jia mengajariku bahwa dana materi akan berbuah kekayaan, Dharma Dana berbuah kecerdasan dan kebijaksanaan, Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk), contohnya tidak membunuh, bervegetarian, melindungi semua makhluk hidup, termasuk bunga, rerumputan dan pepohonan, baik makhluk hidup maupun benda mati diperlakukan dengan setara, memelihara hati maitri karuna, ini juga merupakan pahala besar.

Dana materi membuahkan kekayaan, harta benda itu berasal dari mana? Kekayaan yang dinikmati oleh orang masa kini, boleh dikatakan, hampir seluruhnya berasal dari berkah yang ditimbunnya pada masa kelahiran lampau, pada masa kehidupan sekarang pahalanya berbuah, menjadi hartawan.

Kalau masa kehidupan sekarang dia menimbun berkah lagi, maka pada masa kehidupan sekarang dia akan menikmatinya lagi, tempo dulu, orang-orang terpelajar, para anggota Sangha juga memahaminya, praktisi Ajaran Buddha kalau mendapat harta kekayaan, mau digunakan untuk apa?

Menyebarluaskan Buddha Dharma membutuhkan uang. Di dunia ini untuk menyelamatkan para makhluk, kalau tidak punya uang, maka jodoh belum mencukupi, maka itu perlu melatih Amisa Dana, selain itu juga perlu melatih Dharma Dana dan Abhaya Dana, tiga jenis dana ini.

Setelah teori sudah dipahami, maka harus diterapkan dalam kehidupan keseharian, kalau ada kesempatan maka harus melakukannya. Kalau tidak ketemu kesempatan, jangan sengaja mencarinya, tak perlu memaksakan kehendak. Kalau benar-benar ada niat, maka Buddha dan Bodhisattva juga akan menciptakan kesempatan buat dirimu.  

Butir kedua dari Enam Paramita adalah “Sila Paramita”, butir ketiga adalah “Ksanti Paramita” atau melatih kesabaran, kesabaran membantumu supaya jasa kebajikan yang sudah ditimbun jangan sampai hilang.

Jadi jasa kebajikan yang sudah ditimbun dari mengamalkan “Dana Paramita” dan “Sila Paramita”, “Ksanti Paramita” akan menjaganya supaya jasa kebajikan ini jangan sampai sirna. Maka itu harus melatih kesabaran, kalau tidak sabar, begitu emosi hilanglah jasa kebajikan yang ditimbun.

Menimbun jasa kebajikan itu tidaklah gampang, tapi begitu merasa kesal, meskipun api amarah tidak sempat berkobar, namun juga akan merugikan timbunan jasa kebajikan. Maka itu mesti bersabar.

Lihatlah insan yang bisa menahan kesabaran, ketika bertemu dengan orang jahat yang menindasnya, namun masih dapat hidup akur dengannya, ini harus kita teladani. Lagi pula jaman sekarang ini, bencana begitu banyak, jodoh jahat sangat banyak, kalau tidak melatih kesabaran, anda tidak berdaya meraih keberhasilan.

Maka itu mesti melatih kesabaran, kesabaran dapat menyempurnakan segala kebajikanmu, menjauhkan dirimu dari segala kejahatan, jasa kebajikan yang tak terbayangkan.   

Butir selanjutnya dari Enam Paramita adalah :
4.    Virya Paramita :  melatih ketekunan
5.    Dhyana Paramita : melatih konsentrasi
6.    Prajna Paramita : mengembangkan kebijaksanaan

Ringkasan Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-2
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0002


下面「六度」,度誰?度自己,要認真學。學「布施」,布施是度貪的。布施有財布施、法布施、無畏布施,都要懂得,要認真做,盡心盡力的去做,有果報。章嘉大師教給我,財布施得財富,法布施得聰明智慧,無畏布施得健康長壽。無畏是不殺生,長壽怎麼修的?不殺生,素食,愛護一切動物,包括花草樹木,有情無情平等的愛護,養慈悲心,實在講也是大福報。

財布施得財富,財富,無論出家在家,少不了,從哪裡來?今天世間人擁有的財富,可以說,幾乎全部都是前生所修的福,這一生得果報,大富大貴,從這來的。這一生再修,這一生得受用,在古時候,讀書人,窮秀才他懂得,出家人懂得,老師一定教過你,學佛的人得到財富幹什麼?弘揚佛法需要財富。在這個世間要度化眾生,沒有財富,緣不足,所以要修財布施,要修法布施,要修無畏布施,三種。理搞清楚搞明白,落實在生活當中,遇到緣就做,沒有緣也不必去找。緣就是人講機會,真正發大心,佛菩薩給你做增上緣,你方便。

三種布施真的愈施愈多,你的信心就增長了。這三種布施,我在年輕的時候都沒有。什麼時候學的?出家之後跟章嘉大師學的。那個時候財布施,法布施,講經教學,這沒有問題,財布施要用錢,我沒有。老師問我,一毛錢有沒有?一塊錢有沒有?我說這個可以。你就從一毛一塊下手,常常把布施這個念頭放在心上,不要忘掉,有機會不要錯過。真管用,往後大概半年半年看,就看得很清楚,對於聖教,經典上教誨,不再懷疑了,有信心。

六度第二個「持戒」,前面講過了。第三個,「忍辱」,忍辱能保持你所修積的功德,不至於流失。所以布施持戒能成就功德,忍辱能夠保持功德不再失去,不能不修。不修,不能忍,修積不少功德,一發脾氣,完了,全報銷了。修積不容易,毀棄很容易,心裡一不高興,沒有發作,也受了大的損傷,所以這個要忍。最好能夠跟那些能忍辱的人在一起,親眼看到那些人,遇到惡的環境,遇到不善的人,蠻橫不講理,他能夠跟他善於相處,這是我們要學的,而且非學不可。不學,災難很多,逆緣很多,你沒辦法成就。所以不能沒有忍辱的功夫,忍辱能成就你的一切善法,能幫助你遠離一切惡法,功德不可思議。

下面,「精進、禪定、般若」,般若是智慧。大乘法修行目的就在開智慧,所以小悟、大悟、大徹大悟。小悟,功夫得力了;大悟,證阿羅漢了,四果四向;大徹大悟,菩薩,這是學佛向上提升的層次。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第二集)  2018/1/22  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0002





 
 
Mata pelajaran kelima atau yang terakhir adalah “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra”, Avatamsaka Sutra menyebutkan bahwa Bodhisattva Samantabhadra dengan Sepuluh Raja Tekad AgungNya membimbing para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu sepuluh tekad ini mesti dipelajari.

Butir pertama dari “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra” adalah “Bernamaskara Menghormati Para Buddha”, yang kedua adalah “Memuji Tathagata”, lihatlah dua butir ini menempati urutan terdepan, butir pertama mencakup berbakti pada ayahbunda dan menghormati guru, adalah Bernamaskara menghormati para Buddha. Butir kedua memuji Tathagata, Ajaran Buddha dapat berjaya apabila antara sesama anggota Sangha saling memuji.

Praktisi senior tempo dulu mengajari kita, kalau ingin berjaya maka harus bagaimana? Saling memuji, saling menghormati, saya menghormati orang banyak, mereka juga akan menghormati diriku, organisasi pun jadi harmonis, vihara begini pasti berjaya.

Kalau di dalam organisasi, pengurusnya sibuk berseteru, saling menghujat, kalau kita berada dalam lembaga atau organisasi begini, maka sebaiknya lekaslah angkat kaki, ini adalah pilihan bijaksana.

Lantas standar apa yang kita gunakan untuk memilih vihara? Keharmonisan. Jika vihara itu harmonis, maka saya akan betah menetap di sana; sebaliknya kalau di dalamnya tidak akur, maka cepatlah angkat kaki.  

Butir ketiga dari “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra” adalah “Memberi Persembahan”, ada tiga jenis dana yakni Amisa Dana (dana materi), Dharma Dana dan Abhaya Dana. Abhaya Dana adalah melindungi dirinya, ketika dia bertemu kesulitan, kita memberikan uluran tangan, ini termasuk Abhaya Dana.

Jasa kebajikan Dharma Dana melampaui dana materi, bagaimana cara melakukan Dharma Dana? Mencetak buku sutra, DVD ceramah, supaya orang lain berkesempatan mendengar ceramah, membaca sutra.

Teknologi percetakan telah berkembang pesat, kini segalanya sudah lebih leluasa dibandingkan 30-40 tahun yang silam, terutama siaran televisi ceramah, andaikata memiliki kemampuan di bidang ini, pemirsa makin banyak maka jasa kebajikanmu makin besar.

Di Daratan Tiongkok, materi Dharma peninggalan Upasaka Huang Nian-zu jumlahnya banyak, di Taiwan, materi Dharma peninggalan Upasaka Li Bing-nan jumlahnya juga banyak, andaikata diri sendiri memiliki kesanggupan, memiliki upaya kausalya, menyebarluaskan-nya, memperkenalkannya kepada khalayak ramai.     

Butir ke-4 dari “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra” adalah “Bertobat Atas Karma Buruk”, diri sendiri menyadari karma buruk yang diperbuat, maka harus tahu bertobat. Baru-baru ini saya mengenal seorang praktisi yang semasa hidupnya melakukan karma buruk yang berat, yang akibatnya jatuh ke Neraka.

Kami tidak dapat membantunya, hanya dapat berceramah dan melimpahkan jasa kepadanya, mendirikan papan sembahyang buat dirinya. Yang penting adalah dia dapat bertobat dengan setulusnya, menyadari kesalahannya, memperbaiki diri.  

Dia masih terhitung lumayan, dia memberitahu padaku, selama kelahiran demi kelahiran dia telah belajar Ajaran Buddha, hanya saja pelatihan dirinya tidak bagus, makanya sampai pada satu masa kehidupan ini masih saja bertemu kesulitan ini, memohon agar saya membantunya.

Saya hanya dapat melimpahkan jasa kepada dirinya, dia sendiri juga bertobat dan kembali ke jalan yang benar, akhirnya sungguh sulit diperoleh, dia terlahir ke Alam Sukhavati.

Kami sangat bersukacita, semoga setelah mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati, dia kembali lagi ke dunia ini menyelamatkan para makhluk, takkan melakukan kesalahan lagi.

Butir selanjutnya adalah :
5.    Ikut bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan insan lain.
6.    Memohon perputaran roda Dharma
7.    Mengundang Buddha berdiam di dunia
8.    Selalu mengikuti pembelajaran Buddha Dharma
9.    Menuruti kehendak para makhluk
10.Melimpahkan jasa secara menyeluruh

Baiklah, ceramah kita hari ini sampai di sini dulu, kita akan lanjutkan pembahasan kita pada pertemuan berikutnya. Semua ini merupakan metode melatih diri yang sangat unggul, kita mesti mempelajarinya. Terima kasih semua hadirin!
   
Ringkasan Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-2
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0002



末後第五個,我們五科第五個,「普賢十願」。我們學大乘,我們念佛求生淨土,普賢菩薩,在《華嚴經》最後五十三參,十大願王導歸極樂,所以他是淨宗第一代的祖師,我們要認清楚,那麼他這十大願王就很重要了,應當要學。

第一個、「禮敬諸佛」,第二、「稱讚如來」,你看看這兩樣擺在最前面,提起普賢菩薩你就想到,孝養父母,奉事師長,是禮敬如來、諸佛。稱讚,若要佛法興,唯有僧讚僧,古大德教給我們,興旺從哪裡來的?互相讚歎,互敬,我敬大眾,大眾敬我,一團和氣,這個道場,這個行業決定興旺。如果這個團體,不管大小,彼此都像冤家對頭一樣,沒有讚歎,只有毀謗,這個機構、這個團體,我們就要心裡想著早一點離開,好,那是真正聰明有智慧。世出世法裡頭,我們選擇修行道場,用什麼標準?用和。這個道場和睦,我願意住;這個道場不和,早一點離開。

第三、「廣修供養」,三種供養,財供養、法供養、無畏供養。無畏供養是保護他,他遇到麻煩,遇到障礙,有困難了,需要人幫助,這屬於無畏。前面說過,財供養得財富,法供養得聰明智慧,講經教學是法供養,幫助別人提升,無論在家出家,都是屬於法供養。法供養的功德超過財供養,要修。我們自己道業沒成就,善行也沒成就,我們如何修法供養?印經好。現在的印刷術發達,包括做光碟、音響,讓人有機會聽經、有機會看經、有機會讀誦。比起三四十年以前,三四十年以前沒有這麼順利,障緣很多,現在順利了。特別是電視,如果有這個能力,在電視裡頭買個時段,你喜歡哪個經論,在這個時段裡頭播講,看的人愈多、學的人愈多,你的功德愈大。在大陸,黃念祖老居士,留下來的東西不少;在台灣,像李老師,留下來的都很豐富,我們自己有能力,有善巧,應當把它發揚光大,介紹給社會大眾。法供養勝過財供養,財供養,過年過節大家在一塊聚餐,團拜,這是形式,形式裡頭再加上佛法的內容,念佛念個十分鐘,念個一刻鐘再散會,法供養。無畏供養,有人建道場,做這些慈善事業,他有障礙,我們能夠幫助他解決,這屬於無畏供養。

普賢前面第四願,「懺悔業障」,自己知道自己造罪業,一定要懂得懺悔。我是在最近遇到一位同修,在世的時候,造下很大的重罪,墮地獄。我們幫助不上,只有講經迴向,在佛像面前給你供個牌位。最重要的是他真正懺悔,知道錯了,改過自新。他還算不錯,告訴我,學佛不是這一生,多生多世就學佛,修得不好,所以到這一生還遇到這種難,求我幫助他。那我們用我們道場,講經的功德給他迴向,他自己也真正回頭,很難得,他往生極樂世界了。我們非常歡喜,希望他在極樂世界成佛成菩薩,再到這個世間來普度眾生,不會再有過失了。真正要知道自己做錯什麼事情,真正懺悔,行,不是不行。

後面「隨喜功德,請轉法輪,請佛住世,常隨佛學,恆順眾生」,隨喜功德,今天時間到了,我們留著下一堂課來學習。這些都是非常殊勝的修行方法,我們應當要學習。謝謝大家!

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第二集)  2018/1/22  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0002