Sabtu, 27 Januari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2018


Praktisi sekalian, selamat tahun baru semuanya! “Sutra Usia Tanpa Batas” versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju, kita telah mempelajarinya selama bertahun-tahun. Kami memperoleh buku sutra ini dari Guru Li (Upasaka Li Bing-nan). Guru Li menyerahkannya kepada diriku, setelah melihatnya, saya amat bersukacita, seketika itu juga saya bilang ke Guru bahwa saya ingin belajar menceramahkan sutra ini. Guru Li menjawab, sekarang jodoh masih belum masak.

Sekitar 2-3 tahun kemudian, barulah saya paham mengapa Guru Li bilang jodoh masih belum masak. Ternyata ada sekelompok orang yang menentang sutra versi rangkuman ini, sehingga menciptakan rintangan yang sangat besar. Apabila kami memutuskan untuk memberi ceramah sutra ini, maka harus berdebat dengan orang-orang ini, ini merupakan tindakan gegabah.

Maka itu Guru Li menasehatiku agar bersabar menanti hingga tiba waktunya jodoh tersebut masak. Ketika jodoh ini masak, Guru Li sudah terlahir ke Alam Sukhavati. Saat itu saya sedang berada di Amerika, setelah kabar wafatnya Guru Li tersebar sampai ke Amerika, saya segera terbang pulang ke Taichung, menghadiri upacara perkabungan.

Selama berada di Amerika, saya memberi ceramah sutra versi rangkuman, seingatku sudah sebanyak sepuluh kali. Guru Li menulis catatan penjelasan sutra secara sederhana, buku sutra yang berisi catatan yang ditulis langsung oleh Guru Li ada ditanganku, sekarang telah saya serahkan kepada Upasaka Hu Xiao-lin untuk dilestarikan.

Kemudian di Amerika, saya bersua dengan Upasaka Huang Nian-zu, merasakan sukacita yang tak terhingga. Di luar negeri cuma saya seorang saja yang menyebarluaskan sutra versi rangkuman, sementara di dalam negeri juga hanya ada Upasaka Huang. Maka itu ketika bersua, alangkah bahagianya.

Akhirnya muncullah penjelasan sutra, pertama kali dicetak menggunakan stensil, teknologi percetakan masih kuno. Tulisannya masih cukup jelas, saya membacanya dari awal sampai akhir. Saya bertanya pada Upasaka Huang, apakah karya tulismu ada hak ciptanya? Upasaka Huang bertanya kembali : “Kenapa anda bertanya sedemikian rupa?”

Saya menjawab, saya ingin mencetak ulang buah pena-nya, apabila ada hak ciptanya, maka akan saya hormati, sebaliknya bila tidak ada hak ciptanya, maka saya akan membawanya pulang ke Taiwan untuk dicetak ulang. Upasaka Huang tertawa lalu bilang tidak ada hak ciptanya.

Pertama kali penjelasan sutra ini dicetak di Taiwan adalah sebanyak 10 ribu buku, lalu mengirim satu buku kepada Upasaka Huang, beliau senang sekali. Kemudian Upasaka Huang mempergunakan banyak waktu guna menyempurnakan hasil karyanya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-1
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0001


諸位法師,諸位同學,大家新年好!《無量壽經》夏蓮居老居士的會集本,我們學了不少年了。在這個之前,我們沒有看到念公的註解,我們得到的本子,是李老居士,李炳南老居士,在台中宣講的本子。這個本子老師給我了,我看到非常歡喜,當時我就向老師報告,我來學講這部經。老師告訴我,現在不行,緣不成熟。

隔了二、三年之後,我才明瞭什麼叫緣不成就。是有一些人反對會集本,對會集本造成很大的障礙。我們要講這部經,必須要跟這些人辯論,那就錯了。所以,老師教我等緣成熟。這個緣成熟是李老師往生了。那個時候我在美國,這個消息傳到美國之後,我從美國趕回來,參加這個活動。同時,我在美國開講蓮公這個會集本,我記得前後一共講了十遍。李老師註得很簡單,完全是用毛筆寫在經本上,這個本子在我手上,我現在是交給胡小林居士保管。

到以後,在美國遇到了黃念祖老居士,無量的歡喜。在那個時候,海外,我一個人講這部經,在國內,他老人家也講這部經,所以我們碰頭格外的歡喜。註解出來了,那個時候非常艱難,註解的原稿是油印的,這個現在已經看不到了,那是很落後的。字還算是清楚,我從頭到尾讀了一遍。我問念老,我說你這個書有沒有版權?他說你問這個為什麼?我說我想翻印,你有版權,我尊重你,你沒有版權,我送到台灣去翻印。他笑起來,沒有版權。所以我們第一版在台灣印的,印了一萬本,精裝一冊,也送了一些給念老,大家看到無量歡喜。這是這部經最早的本子。

現在我們用的本子,是念老的修訂本,他又花了不少時間修訂。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第一集)  2018/1/19  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0001





Sutra yang dirangkum oleh Upasaka Xia Lian-ju begitu sempurnanya, penjelasan sutra karya Upasaka Huang Nian-zu juga begitu sempurnanya, dia menggunakan lebih dari 190 sutra dan sastra, untuk menulis penjelasan sutra. Maka itu boleh dikatakan sutra merupakan hasil rangkuman, penjelasan sutra juga merupakan hasil rangkuman. Sungguh sulit diperoleh.

Setiap kata dan kalimat di dalam penjelasan sutra ada sumber petikannya, jadi bukan ditulis secara sembarangan. Mengambil kutipan guna menjelaskan isi sutra, mungkin beliau merupakan pelopornya, sebelumnya kami belum menemukan hal serupa. Cara ini merupakan sikap yang penuh tanggung jawab baik terhadap masa sekarang maupun masa mendatang, supaya kita semuanya dapat mengembangkan keyakinan tanpa keraguan sama sekali.

Selanjutnya saya menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas” menggunakan penjelasan sutra karya Upasaka Huang Nian-zu, sebelumnya sudah menceramahkan sebanyak empat kali pengulangan. Hari ini merupakan hari pertama kita memulai untuk pengulangan kelima.

Saya berikrar sepanjang hayatku menfokuskan diri melatih dan menceramahkan satu sutra dan satu penjelasan sutra ini, hingga sekarang, sudah 59 tahun saya memberi ceramah, dalam kurun waktu yang panjang ini, tanpa terasa usiaku telah senja, 92 tahun.

Dari penampilan luar tampaknya saya baik-baik saja, namun kesehatanku tampaknya bermasalah, hanya saja masih belum begitu terasa parahnya. Pernafasan yang melemah, praktisi sekalian juga dapat melihatnya. Maka itu dalam memberi ceramah, saya mencobanya selama satu jam saja.

Hal ini memberiku peringatan agar segera menghasilkan penceramah berbakat yang kelak meneruskan menceramahkan Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas karya Upasaka Huang Nianzu ini, baik anggota Sangha maupun umat berkeluarga, juga boleh. Semoga praktisi sekalian membangkitkan niat mulia, mengapa demikian? Oleh karena sutra ini sungguh sulit diperoleh.       

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-1
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0001


經會集得盡善盡美,註解也是會集的,他用了一百九十多種經論、註疏,來做註解。所以,經是會集本,註解也是會集本,難能可貴!本子的好處在哪裡?就是每一句、每個字都有出處,都不是隨便寫的。這樣集註來註經,大概他也是首創起始,過去我們沒有看見過。這種做法,對於現前、對於後代,可以說是非常負責的態度。讓大家遇到了之後,深深感到親切,如同面對面談話一樣。讓我們增長了信心,沒有懷疑。

這以後,我講這部經,就用念老的註解,先後講過四遍。今天這一遍是第五遍,前面我叫第四回,這是第五回。我發願,在這一生當中專修專弘,修學依靠這部經、註子,弘揚也是這部經。講經教學五十九年,這麼長的年歲當中,自己不知不覺老了,今年九十二歲。體力,外表看起來好像不錯,裡面可能有問題,我自己還沒有嚴重感到,但是氣力不足,這是諸位能夠很明顯看出來。所以講經,我試試看每次講一個小時。兩個小時,後面中氣不足,接不上來。這給我警告,警告什麼?要趕快培養能講《無量壽經》註解的同學,出家、在家都好。希望大家發心,為什麼?這部經太難得了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第一集)  2018/1/19  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0001


 

 

Pengetahuan sejati bukanlah diperoleh dari luar, namun sejak semula telah sempurna di dalam jiwa sejati. Anda menghendaki kebijaksanaan, anda menghendaki kebajikan, maka galilah dari dalam hati sendiri, ini nyata adanya; apa yang anda peroleh dari luar diri adalah semu, bukan nyata.

Yang dikejar di luar diri adalah pengetahuan belaka, sedangkan yang dibangkitkan dari dalam diri adalah kebijaksanaan (prajna), kebijaksanaan ini sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati.

Sekarang kita sudah salah tafsir makanya tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Mengapa tidak sanggup melepaskan kemelekatan? Oleh karena tidak mampu mengikhlaskan. Kita akan mampu mengikhlaskan apabila kita telah memahami kebenaran yang sesungguhnya.

Dari mana kita berasal? Tidak tahu. Kelak ke mana akan menuju? Tidak tahu. Untuk apa saya datang ke dunia? Tidak tahu. Sejak lahir hingga ajal menjelang, menjalani hidup yang melelahkan, sampai momen terakhir, masih juga tidak tahu mengikhlaskan, bukankah ini sungguh memprihatinkan? Akhirnya hanya bisa pasrah mengikuti kekuatan karma berputar di enam alam tumimbal lahir.

Sebaliknya, apabila sanggup mengikhlaskan, barulah dapat melampaui enam alam tumimbal lahir, di dalam Aliran Theravada adalah Arahat, di dalam Aliran Mahayana adalah Bodhisattva, anda telah berhasil mencapai kesucian. Lihatlah betapa pentingnya belajar mengikhlaskan dan melepaskan kemelekatan.

Apa yang mesti dilepaskan? Melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Segalanya mesti dilepaskan, jangan taruh di hati, barulah anda dapat memasuki pintu ajaran. Dengan demikian barulah dapat memahami kebenaran yang sesungguhnya, yakni mengikhlaskan. Namun berapa orang yang sanggup mengikhlaskan?

Apa yang dimuat di dalam hatimu, semuanya adalah hal yang tidak perlu, mengapa demikian? Bukanlah muncul dari jiwa sejatimu. Yang mengalir dari jiwa sejati barulah benar. Apa yang muncul dari jiwa sejati? Sampai di Alam Sukhavati nanti maka akan segera mengetahuinya.

Jiwa sejati memunculkan kebijaksanaan tak terhingga, jiwa sejati memunculkan Alam Dharma Tunggal Sejati. Kita mendengar istilah begini tapi tidak paham maknanya, sampai di Alam Sukhavati nanti maka segalanya akan dipahami.

Alam Sukhavati nan indah, dari mana asalnya? Muncul dari jiwa sejati. Lantas dari mana pula asalnya dunia saha kita ini? Tercipta dari hati dan pikiran, bukan jiwa sejati, tetapi dari Alaya-vijnana (gudang kesadaran atau kesadaran ke-8). Alayavijnana adalah hati khayal, jiwa sejati adalah hati sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-1
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0001


真學問不是從外面來的,外面沒有,是你自性裡頭本自具足。你要智慧、你要德行,從你心裡面去把它挖出來,這是真的;外面學來是假的,不是真的。所以,佛法叫內學,向內求的,不向外求,這不能不知道。向外求的是知識,向內開發的是智慧,智慧是自性本有的,自性起用,就是智慧。

我們現在全搞錯了,那就是放不下。為什麼放不下?沒看破。看破,了解事實真相,我們不知道事實真相。我從哪裡來的?不知道。我將來到哪裡去?不知道。我來幹什麼?不知道。這一生從出生就是在瞎摸,摸到一輩子,摸到這條命沒有了,還沒有看破,你說冤不冤枉?那怎麼辦?沒看破的,搞六道輪迴,看破的,超越六道輪迴,不一樣。超越六道輪迴,小乘是阿羅漢,大乘是權教菩薩,你修行證果了。你說看破、放下多重要。

放下什麼?所有的妄想、分別、執著統統放下,不要放在心上,你才能入門。這樣入門,你才能了解事實真相,就是看破。佛法的門檻太高了,幾個人能放下?

你心裡所裝的,全是不必要的東西,為什麼?不是你自性變出來的。自性變出來的,真的。自性變什麼?到極樂世界就知道了。自性變出來的思想,是無量智慧,自性變出來的境界,是一真法界。我們聽到這個名詞,什麼意思也不懂,如果你念佛往生,生到西方極樂世界,你就完全明白了。極樂世界美好,從哪裡來的?自性變的。我們這個世界呢?我們這個世界是從心想生,不是自性,從阿賴耶變的。阿賴耶是妄心,自性是真心。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第一集)  2018/1/19  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0001




 
 
Di Inggris, saya bekerja sama dengan University of Wales mendirikan Akademi Han (yang mempelajari budaya warisan leluhur Tiongkok), sudah berjalan setahun lamanya, tahun ini memasuki semester ketiga. Selain itu juga diselenggarakan Program Doktor Jurusan Harmonis, apa yang dipelajari di dalamnya? Yakni Ilmu Agama.

Pangeran Charles dan Dekan yang mengemukakan gagasan ini, lalu memberitahuku, yakni setiap agama mengutus dua orang mahasiswa dan seorang dosen.

Praktisi sekarang yang mendalami ajaran sutra, jumlahnya tidak banyak, hanya tahu membaca sutra tapi tidak tahu maknanya, ini disebut kepercayaan takhayul. Maka itu kita harus mengembalikan peranan agama sebagai pendidikan, supaya setiap agama mempunyai guru berbakat yang akan memberi ceramah dan mengajar, mereka memiliki gelar Doktor.

Karena itu saya begitu kagum pada Pangeran dan Dekan yang telah mengemukakan gagasan mulia ini, Tuhan pasti akan melindungi mereka, saya bilang kalian pasti akan berusia panjang, pahala akan kian besar. Apa yang saya ucapkan tulus adanya.      
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-1
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0001
 

我在英國,跟威爾士大學合辦一個漢學院,開學已經一年了,今年是第三個學期。另外又給他們辦了一個和諧博士班,和諧博士是學什麼課程?學宗教。王子跟校長兩個人想出這主意,告訴我,徵求每一個宗教派兩個學生,派一個教授,因為我們不是這個專長,沒有辦法講它的經典,培養傳教師。

現在這個世間的宗教,真正對經典有深入研究的人不多,都是會念經,經裡什麼意思不知道,這叫迷信。所以,我們要幫助宗教回歸教育,讓每個宗教都有很好的老師,出來講學、出來教學,他們有博士學位,他們有教授的資格。這樣子,把全世界的宗教統統恢復起來,這是好事。所以,我對於這兩位我很尊敬的學者,王子跟校長,我說你們兩個人發心做這個大事,得到所有宗教的神保佑你,得到所有宗教的上帝護持你,我說你們的壽命會很長,福報會愈來愈大。我給他講的話是真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第一集)  2018/1/19  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0001

 
Di sini ada beberapa lembar foto tempo dulu waktu saya ditabhiskan, ada dua lembar, yang satunya adalah saat ditabhiskan, satunya lagi adalah saat mengikuti Upacara Upasampada. Lihatlah penampilanku masa muda dulu, apakah seperti punya pahala? Begitu dilihat sudah tahu orang ini tidak punya pahala, bahkan juga berusia pendek. Saya juga mengakuinya, tidak merasa pantang sama sekali.

Waktu kecil nasibku diramal, usiaku cuma bisa sampai 45 tahun saja, saya percaya. Ayahku 45 tahun wafat, pamanku juga usia 45 tahun wafat, kakekku juga. Saat usiaku 45 tahun, saya jatuh sakit, saya tidak pergi ke dokter juga tidak minum obat, hanya melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Mengapa tidak ke dokter? Oleh karena dokter hanya dapat menolong pasien dari penyakit tetapi tidak dapat menolong pasien dari ajal. Ajalku telah tiba, tidak ada kaitannya dengan dokter dan minum obat. Hanya mengerahkan segenap hati melafal Amituofo, akhirnya sebulan pun berlalu, perlahan kesehatanku pulih, lalu mulai lagi memberi ceramah.

Tahun berikutnya saya bersua dengan Ganzhu Huofo, beliau juga merupakan murid Master Zhang Jia, usianya 10 tahun lebih tua dariku, saya sangat menghormatinya. Kami bersua, dia bilang padaku, Master Chin Kung, anda telah berhasil melewati satu rintangan ini. Saya bertanya apa maksudnya? Rintangan usia 45 tahun, saya telah berhasil melewatinya.

Bagaimana cara melewatinya? Saat itu saya memberi ceramah sudah 12 tahun lamanya, begitu ditabhiskan saya langsung memberi ceramah. Usia 33 tahun ditabhiskan, usia 33 tahun mulai memberi ceramah. Jasa kebajikan dari 12 tahun memberi ceramah, membantuku melewati rintangan usia. Saya tidak pernah terpikir akan hal ini, dia bilang padaku bahwa usiaku akan sangat panjang dan pahalaku akan sangat besar.  

Maka itu dari mana jasa kebajikan berasal? Jasa kebajikan ditimbun oleh diri sendiri. Mengabdi demi Buddha Dharma, demi membantu para makhluk memahami Buddha Dharma, suka belajar Buddha Dharma, menerima dan mengamalkan sesuai ajaran.  

Menyelamatkan satu orang saja, jasa kebajikannya sudah tak terbayangkan, semakin banyak orang yang diselamatkan, jasa kebajikan kian besar. Hendaknya memiliki pemahaman sedemikian rupa, inilah kebijaksanaan, harus tahu mengenalinya, begitu kesempatan datang genggamlah dengan erat, lakukan dengan serius, pahala yang tak terhingga, beginilah kejadiannya. Hukum Sebab Akibat nyata adanya.

Catatan :
Upacara Upasampada adalah upacara pengambilan sila KeBhiksuan atau Pratimoksha Sila, seperti yang tercantum di dalam Dharmagupta-vinaya/Vinaya Mahayana (四分律), Bhiksu menjalani 250 butir sila dan Bhiksuni menjalani 348 butir sila.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-1
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0001


這個地方有幾張我出家的時候照片,有兩張照片,一個是剃度,一個是受戒。照片上有我,你們去看看,我有沒有福報?一看就知道,這個人沒有福報,還短命。我都承認,一點忌諱都沒有。小時候我母親給我算命,壽命只有四十五歲,我相信。我父親四十五歲走的,我大伯父也是四十五歲走的,我的祖父也是四十五歲走的,父親也是四十五歲走的。所以我一絲毫忌諱都沒有,壽命只算到四十五歲,四十五歲沒了。

四十五歲那年害一場病,我一生沒住過醫院,沒害過病,我也不找醫生,也不吃藥,念阿彌陀佛求往生。為什麼不找醫生?醫生只能醫病,不能醫命,我是命到了,壽命到了,與醫生、醫藥不相干。一心念佛,居然度過了,一個月,身體恢復健康,又開始講經。第二年,我遇到甘珠活佛,他也是章嘉的學生,我們是同學,他大我大概十歲,我對他很尊敬。第二年我跟他碰頭,他特別邀請我坐在他旁邊,告訴我,你的這一關過了。我說什麼關?四十五歲,四十五歲這個關口過了。我說是啊,怎麼過的?那個時候我講經十二年,我是剃了頭就上講台講經的。三十三歲出家,三十三歲開始講經,講了十二年。他說你這個十二年講經的功德,度過了。原來我都沒想到。他說你的壽命很長,你的福報很大。我說沒福報,吃飯都成問題,真的。

所以,功德從哪裡來?功德還是自己修來的。為佛法,為幫助大眾明瞭佛法,喜愛學佛法,依教奉行。度一個人功德就不可思議,度的人愈多,功德愈大。自己要知道,要有這個認知,這就是智慧,能夠辨別,機會一來了馬上抓住,好好認真去做,無量福報,是這麼回事。因果真有,絕對不是假的。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第一集)  2018/1/19  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0001