Minggu, 14 Januari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Januari 2018


Menjadi pendukung Dharma itu harus memiliki kebijaksanaan, tanpa kebijaksanaan dan pahala, maka terhadap Buddha Dharma hanya akan membawa kerugian dan tidak ada manfaatnya, ini tidak boleh tidak dipahami.

Berjaya atau mundurnya Buddha Dharma, adalah melihat satu dasawarsa ini. Dalam satu dekade ini, kalau naik maka akan berjaya, kalau turun maka akan mundur, merosot terus, satu dasawarsa ini merupakan penentunya.

Anda menimbun kebajikan adalah dalam kurun waktu ini, sebaliknya anda menciptakan karma buruk, juga dalam kurun waktu ini, tak peduli umat awam maupun anggota Sangha juga harus memperhatikannya. Berbuat jahat jatuh ke Neraka Avici, sedangkan yang mendukung Dharma dengan benar, tekad hatimu adalah terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kekuatan Buddha memberkati. Kuncinya ada dalam satu kurun waktu ini.

Serupa tempo dulu ketika saya bertemu dengan Pengurus Han, merupakan kesempatan langka yang sulit diperoleh! Memberi dukungan dengan murni, tidak mengandung niat mengejar ketenaran dan keuntungan. Pintu Buddha juga harus mengenali pendukung Dharma yang sejati dan penceramah Dharma. Baik umat awam maupun anggota Sangha, pendukung Dharma maupun penceramah Dharma, juga mesti dikenali dengan jelas.

Generasi kita ini sudah tidak menaati peraturan lagi, mengejar ketenaran dan keuntungan, ingin memperoleh dan takut kehilangan, tidak memikirkan kepentingan Ajaran Buddha lagi, tidak lagi memikirkan kepentingan Dharma sejati, dosa ini sungguh berat. Baik anggota Sangha maupun umat awam, umat awam adalah pendukung Dharma, anggota Sangha adalah penceramah Dharma, juga menciptakan karma buruk yang begitu berat. Setelah meninggal dunia barulah menyadarinya, setelah menyadarinya terlambat sudah.

Di dalam Pintu Buddha, mudah menimbun berkah juga mudah menciptakan karma buruk; anda mendukung Dharma dengan benar, maka ini menimbun berkah, anda datang menyelamatkan Ajaran Buddha; sebaliknya bila anda mengejar ketenaran dan keuntungan, maka akan jatuh ke Neraka Avici. Setelah jatuh ke Neraka Avici barulah menyadari kesalahan yang diperbuat, terlampau sengsara, sungguh tak pantas.

Bagaimana cara menimbun berkah? Yakni melafal Amituofo. Pahala apa yang paling besar? Melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Di dunia ini susah sedikit ada baiknya, mengeliminasi rintangan karma. Jangan mengira dia menghina diriku, dia menindas diriku, dia menipu diriku, dia mencelakai diriku, padahal sesungguhnya ini adalah manfaat baik, membantuku mengeliminasi rintangan karma.

Tidak tahu berterimakasih, malah mengatakan orang itu adalah musuh kerabat penagih hutang, tidak tahu bagaimana karma buruk sendiri tereliminasi, tidak mengetahuinya.

Hati yang suci adalah berkah, hati yang banyak bentuk-bentuk pikiran adalah karma buruk, yakni dosa. Coba tanyakan pada diri sendiri, sepanjang hari, bentuk-bentuk pikiran yang lebih banyak, atau sukacita melafal Amituofo yang lebih banyak? Pikiran yang berkeliaran sembarangan adalah menciptakan karma buruk.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Januari 2018
Judul : Di dunia ini susah sedikit ada baiknya
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0004




護法要有智慧、要有福報,沒有智慧、沒有福報,對佛法只有害,沒有好處,這個不能不知道。佛法興衰、宗教的興衰,都看這十年。這十年當中,興,興起來了,興不起來,就衰下去了,這個十年是關鍵的年。你積德,這個時候,你造業,也是這個時候,無論在家、出家都要重視。錯誤的,無間地獄,正確護法的,你心裡想往生,統統可以往生,佛力加持。關鍵的是這個時候。

像我過去遇到的韓館長,可遇不可求,太難得了,稀有!真正熱心護持,沒有名聞利養這些念頭。佛門要認清楚真正的護法,弘法、護法都很不可得。在家、出家,弘法、護法,要認清楚。

我們這一代已經沒有規矩了,都是搞個人的名聞利養、利害得失,沒有替佛教去想,沒有為正法著想,這個罪過重。無論出家、在家,在家是護法,出家是弘法,都造很重的罪業,死了以後就知道了,知道來不及了。

造罪修福,佛門裡頭是第一功德,你如法,如理如法,修福,來救佛教;你要是隨著自己搞名利的話,你墮無間地獄。沒墮地獄不知道,墮地獄就曉得,太苦了,不值得。

修福怎麼修?大家都不知道。大家都知道,大家都不知道,念阿彌陀佛。什麼福報最大?念阿彌陀佛求生淨土,福報最大。所以我說都知道、都不知道,說穿了都知道,不說穿了都不知道。

在這個世間吃一點苦頭好,消業障。不要以為他侮辱我、他欺負我、他騙我、他害我,好處,替我消業障。不知道感恩,還說這個人是我的冤親債主,不知道自己的業怎麼消掉的,不曉得。心地清淨就是福,心生煩惱就是業,就是罪業。問你每天是生煩惱的多,還是生歡喜、再就念佛的心多?想這些亂七八糟的事情,都造罪業。

文摘恭錄 台南極樂寺早餐開示——在這個世間吃一點苦頭好  (第四集)  2018/1/3  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0004