Jumat, 09 Februari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Februari 2018


Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita Sutra Usia Tanpa Batas, ini merupakan Ajaran Beliau yang sempurna menakjubkan. Setelah kita mempelajarinya, hendaknya menerima dan mengamalkannya dengan bersungguh-sungguh, menerapkannya dalam kehidupan keseharian.

Kita hidup dalam kondisi sedemikian rupa, menggenggam intisari ajaran. Membangkitkan Bodhicitta adalah membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, hati beginilah yang disebut sebagai Maha Bodhicitta, mengapa demikian? Oleh karena Anda dalam satu kehidupan mencapai KeBuddhaan, sesampainya di Alam Sukhavati anda melatih diri menuju pencapaian KeBuddhaan, satu arah, satu tujuan.

“Dengan tekad Buddha Amitabha yakni sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati sebagai landasan”, ini merupakan tekad ke-18, sebutir tekad ini sangat penting, merupakan esensi dari 48 tekad agung Buddha Amitabha. Asalkan kita dapat menggenggamnya erat-erat, maka seluruh permasalahanmu akan selesai, kapan Anda menjadi Buddha hanya diri sendiri yang mengetahuinya, kapankah Anda sedang menjadi Buddha? Ketika Anda sedang melafal Amituofo, saat itulah Anda sedang menjadi Buddha. Hendaknya diingat baik-baik!

Kalau tidak sedang melafal Amituofo, maka pikiranmu akan berkhayal menciptakan karma buruk, buah akibat karma itu tak terpisahkan dari enam alam tumimbal lahir, masalah pun jadi besar!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Februari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-6
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0006


釋迦牟尼佛為我們講這部經,這是釋迦世尊圓妙的教學。我們學了之後,要聽話,要真幹,要把佛所教導的變成我們的生活。我們活在這個境界裡面,抓住了宗,抓住了本,本跟宗的意思很接近。發菩提心就是發願求生淨土,這個心是無上菩提心,為什麼?因為你一生能成佛,你到極樂世界去成佛了,一個方向,一個目標。

「以彌陀十念必生」,十念必生是四十八願裡面的第十八願,這一願非常重要。四十八願裡頭單獨說哪一願最重要?第十八願最重要。我們真正能抓住,你就問題解決了,哪天作佛你自己知道,什麼時候作佛?念佛的時候就是作佛。真的要記住!不念佛你就打妄想,打妄想就造業,業的果報離不開六道輪迴,麻煩大了!

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第六集)  2018/2/3  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0006
 



 

Di dalam buah pena-nya, Upasaka Huang Nian-zu mengatakan bahwa “Diantara sutra-sutra Aliran Tanah Suci, satu-satunya hanya sutra ini yang sempurna menakjubkan, dengan membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo sebagai intisari-nya. Dengan tekad Buddha Amitabha yakni sepuluh lafalan pasti mencapai KeBuddhaan sebagai landasan-nya”.

“Memahami dengan mendalam tentang benih sebab dari tiga tingkatan kelahiran di Alam Sukhavati”, tiga tingkatan kelahiran adalah tingkatan atas, menengah dan rendah. Setiap orang sanggup mewujudkannya, merangkul semua kalangan. Asalkan anda yakin maka pasti memperoleh manfaatnya.

Sebaliknya bila anda tidak percaya, masih mencari-cari metode ini dan metode itu, keyakinan hati tidak kokoh, pikiran pun goyah, akhirnya segala daya upaya jadi gagal, beralih mempelajari pintu Dharma lainnya, berubah membaca sutra lainnya.

Ini disebabkan oleh kebijaksanaan diri sendiri yang tidak mencukupi, terhadap Aliran Sukhavati tidak memiliki pemahaman yang jelas dan benar. Begitu arahmu berubah, maka pasti dalam satu kehidupan ini takkan bisa berhasil.

Tetapi perkataan begini juga tidak boleh diucapkan keluar, nanti orang lain yang mendengarnya jadi tidak senang, lagi-lagi yang disalahkan adalah Buddha, Dharma dan Sangha, kian lama karma buruk yang diciptakan kian mendalam, akibatnya makin mengerikan.   

Maka itu dalam berceramah harus diperhatikan kata-kata itu, kapan boleh dilontarkan keluar, kapan tidak boleh. Kita belajar sutra ini telah sampai pengulangan kelima, jadi sudah boleh dilontarkan keluar perkataan tersebut, harus ditekankan lebih berat, tujuannya supaya praktisi Aliran Sukhavati hendaknya membangkitkan keyakinan mendalam tanpa keraguan sama sekali, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Februari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-6
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0006


念老註解裡頭說得好,「淨土諸經之中,唯此經備攝圓妙,以發菩提心,一向專念為宗。以彌陀十念必生之大願為本」。第十八願,宗、本找到了。「深明三輩往生之因」,到極樂世界怎麼個去法就在這一句,三輩往生,上輩、中輩、下輩,講得最清楚、最明白。人人都可以做得到,它攝受的眾生,九法界聖凡之眾,全包了。貴在你能信,你就能得受用。你不能信,還去找這個找那個,信心不足,會把你搞亂了,搞到最後樣樣都不靈,自己就改了,轉變了,去學其他的法門,去學其他的經典。這是自己智慧不夠,對淨宗沒有真正的認識。一改變,肯定你這一生不能成就。但是這些話我們不能這麼說,說了別人聽了不高興,再謗佛、謗法、謗僧,業愈造愈深,果報很可怕。所以說法,什麼時候可以說,什麼時候不能說。這部經我們從頭到尾學過四遍,這是第五遍,可以說了,話可以說重一點了,目的是希望我們深信不疑,信願持名,求生淨土,有我一分。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第六集)  2018/2/3  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0006